Kesempatan Mengikuti Summer Course: Perkuat Nuansa Internasionalisasi Mahasiswa Jurusan Biologi

Nadia Ulfa, mahasiswa Program Studi S1-Biologi (UPB) angkatan 2019 telah berkesempatan mengikuti program Summer Short Course pada tanggal 7-8 Juli 2021 secara daring dengan tema Languange and Culture..

Dua hari tersebut tergolong hari istimewa bagi Nadia. Betapa tidak, pada hari pertama Nadia mendapatkan materi Basic Language dari berbagai negara, di antaranya adalah Filipina (Tarlac Agricultural University), Thailand (Chiang Rai Rajabhat University), Indonesia (Universitas Sebelas Maret), dan Vietnam (Duy Tan University). Pada hari kedua, materi dilanjutkan mengenai Understanding The Rich Culture of ASEAN.

Berbagai manfaat telah didapatkan oleh Nadia dengan mengikuti kegiatan ini, mulai dari kemampuan dasar Bahasa Filipina, Thailand, dan Vietnam yang digunakan dalam percakapan sehari-hari hingga perluasan wawasan mengenai budaya negara-negara di ASEAN dan negara-negara lainnya. Misalnya, menganggukkan kepala di banyak negara berarti “iya” namun di Bulgaria berarti “tidak” serta mengangkat ibu jari yang pada umumnya digunakan untuk tanda persetujuan/kebaikan namun merupakan gestur yang kasar/tidak sopan bagi orang Iran.

Tentunya, kegiatan semacam ini tidak hanya membawa dampak positif bagi Nadia Ulfa tetapi juga bagi Jurusan Biologi. Nuansa internasionalisasi yang menguat mengindikasikan komitmen Jurusan Biologi untuk menjadi selangkah di depan untuk terus meningkatkan mutu mahasiswa.

Semoga ke depannya semakin banyak kegiatan yang menjadi wujud nyata internasionalisasi bagi mahasiswa Jurusan Biologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *