Kuliah Tamu: Ajang Menuju Internasionalisasi Jurusan Biologi

Selasa, 11 Mei 2021 merupakan salah satu momen terbaik bagi mahasiswa Jurusan Biologi. Pasalnya, telah terselenggara kuliah tamu yang sangat menarik dengan narasumber Associate Prof. Lawrence Manzano Liao dari Graduate School of Integrated Sciences for Life, Hiroshima University, Japan. Kuliah tamu yang mengusung topik: “Seaweed Herbarium Specimens as Indicators of Marine Environmental Change” ini merupakan kesempatan yang baik bagi mahasiswa untuk menggali materi langsung dari ahlinya sekaligus berlatih skill Bahasa Inggris.

Acara yang dibuka langsung oleh Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si. selaku Ketua Jurusan Biologi ini diikuti oleh mahasiswa dengan sangat antusias, mulai awal acara hingga berakhirnya sesi diskusi. Pada sambutannya, Ketua Jurusan menyampaikan harapan bahwa kuliah tamu ini merupakan tahapan awal yang akan menjadi inisiasi bagi berbagai bentuk kerja sama lainnya di masa yang akan datang. Hal inipun disambut hangat oleh Prof. Liao sebagai narasumber.

Kuliah yang sangat inspiratif ini menggugah minat mahasiswa untuk mengenali, menggali potensi sumber daya hayati Indonesia, terutama untuk alga makroskopis. Disampaikan dengan sangat jelas oleh narasumber bahwa Indonesia memiliki potensi biodiversitas alga yang sangat tinggi dan masih memerlukan ahli alga yang mendokumentasikan karyanya dalam bentuk spesimen herbarium. Mahasiswa diajak untuk memahami arti penting spesimen herbarium yang tidak hanya berperan untuk kajian taksonomi tetapi juga sebagai storyteller yang baik untuk masa lalu, masa sekarang, bahkan bisa digunakan untuk memprediksi masa yang akan datang.

Kuliah tamu ini merupakan momen yang sangat baik bagi Jurusan Biologi maupun mahasiswa. Bagi Jurusan Biologi dapat menjadi sebuah ajang internasionalisasi. Bagi mahasiswa dapat menambah wawasan langsung dari ahli sekaligus mengasah keterampilan Bahasa Inggris. Semoga ke depan semakin banyak kegiatan positif seperti ini dapat terselenggara demi Jurusan Biologi jaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *