Learning Activities

Jurusan Biologi Universitas Negeri Surabaya memiliki beberapa kegiatan perkuliahan baik di dalam kampus maupun luar kampus atau kegiatan lapangan yang biasa disebut dengan praktik lapangan. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Microteachig atau simulasi kegiatan keguruan atau belajar mengajar, Praktikum Lapangan pada mata kuliah Sistematika Hewan dan Ekologi.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan kegiatan non akademik yang dilaksanakan dan diikuti oleh mahasiswa aktif Jurusan Biologi, kegiatan ini biasanya dibimbing oleh doen dari Jurusan Biologi sendiri. PKM Jurusan Biologi juga banyak meraih prestasi di kancah Universitas maupun Nasional.

Microteaching merupakan proses simulasi kegiatan belajar mengajar di Prodi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Universitas Negeri Surabaya yang dilaksanakan untuk memenuhi mata kuliah Microteaching.

Praktikum Lapangan pada mata kuliah Sistematika Hewan dan Ekologi merupakan aplikasi dari perkuliahan di Jurusan Biologi yang dilaksanakan di Taman Nasional Baluran dan Pantai di Malang.


Dosen mengajar berpedoman dari RPS yang telah didiskusikan dengan dosen serumpun, termasuk strategi dan metode yang digunakan telah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam perkuliahan. Strategi yang diterapkan dalam setiap kegiatan perkuliahan bervariasi dan disesuaikan dengan karakteristik mata kuliah dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.


Dosen menggunakan pendekatan students center dalam kegiatan perkuliahan. Contoh: dosen Prof. Dr. Endang Susatini, M.Pd., menerapkan strategi/model pembelajaran metakognitif pada perkuliahan pembelajaran inovatif.


Beberapa mata kuliah menggunaan metode dalam jaringan (daring) melalui kegiatan vinesa yang difasilitasi Unesa. Dosen Program Studi S-1 Pendidikan Biologi Unesa menerapkan beragam strategi dan menggunakan media pembelajaran guna mengefisienkan waktu perkuliahan, baik selama perkuliahan di kelas maupun di laboratorium. Penggunaan media dapat digunakan untuk memberikan gambaran terkait proses di dalam tubuh maupun memberikan gambaran peristiwa dalam rentang waktu yang lama. Pelaksanaan kegiatan perkuliahan dan praktikum di laboratorium juga dibantu oleh koasisten mahasiswa, sehingga kegiatan perkuliahan menjadi lebih efisien.

Berikut ini Contoh kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh Dr. Yuliani, M.Si. saat melaksanakan Lesson Study Berbasis Jurusan dengan menggunakan multimedia dan multimetode.


berikut ini disajikan kegiatan pembelajaran pada matakuliah microteaching mahasiswa UPBE yang melatihkan keterampilan melaksanakan pembelajaran di kelas sebelum mahasiswa melaksanakan kegiatan praktik pembelajaran di sekolah.


Translate »