Dalam rangka implementasi program internasionalisasi di FMIPA – Unesa, khususnya mobilisasi mahasiswa, FMIPA mengikuti program student exchange yang ditawarkan oleh Tarlac Agricultural University (TAU), Filipina untuk periode semester Genap 2020/2021.

Dua mahasiswa Program Studi S-1 Biologi mengikuti program pertukaran mahasiswa internasional kerja sama dengan TAU. Ranum Mellina Hindrianingtyas dan Nadia Ulfa adalah dua mahasiswa beruntung yang secara resmi mulai mengikuti program ini terhitung sejak upacara pembukaan yang digelar hari Senin, 8 Maret 2021 kemarin. Betapa tidak, mereka mendapatkan kesempatan emas untuk mendulang ilmu di TAU bersama dengan mahasiswa terpilih lainnya dari berbagai universitas terkemuka di tanah air, yaitu Institut Teknologi Sepuluh November, Institut Pertanian Bogor, Universitas Islam Malang, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, dan Universitas Pancasakti Tegal.

Dr. Max Guillermo, President TAU, saat menyampaikan sambutan

Pada pembukaan yang dihadiri 122 peserta secara virtual kemarin, dilakukan perkenalan budaya antara Indonesia dan Filipina serta perkenalan masing-masing pihak yang bekerja sama. Pengenalan profil kampus dilakukan dengan penayangan video dilanjutkan dengan sambutan singkat dan ucapan terima kasih. Dari pihak Unesa yang diwakili oleh Bapak Asrori, M.Pd. selaku ketua Kantor Urusan Internasional (KUI) Unesa menyampaikan selamat kepada mahasiswa terpilih dan harapan agar mahasiswa memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mendapatkan pengalaman positif dan pelajaran berharga.

Ketua KUI Unesa saat menyampaikan sambutan

Sambutan Bapak Asrori, M.Pd. senada dengan kedua mahasiswa Prodi S-1 Biologi yang menjadi peserta program ini. Mengikuti program pertukaran internasional adalah impian Ranum dan Nadia, demikian mereka biasa disapa. Sayangnya, impian mereka selama ini terkendala biaya hingga waktu datangnya tawaran dari TAU yang langsung disambut dengan gembira oleh keduanya. Selain itu, mereka berharap menambah pengetahuan selain di bidang keilmuan juga budaya dan perspektif dari negara lain. Mereka juga berharap dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris. Secara khusus, Ranum yang memprogram Ecotourism and Outdoor Recreation berharap memiliki kesempatan mengenalkan potensi alam Indonesia di Filipina. Nadia yang memprogram Environmental Science berharap mendapat penguatan dari segi ilmu.

Selamat belajar kepada Ranum dan Nadia. Bawa nama besar Jurusan Biologi bersama Saudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »