HMJ Biologi “Nanas Merah” FMIPA Unesa sukses menyelenggarakan Webinar Bioinformatika Jilid I dengan tema “Pengenalan dan Pelatihan Dasar Software Bioinformatika Untuk Molecular Docking” pada Kamis, 28 Januari 2021 (08.00 – 13.00) dan Jumat, 29 Januari 2021 (07.30 – 13.40).

Bukan main. Sebelum kegiatan ini diprogram, telah dilakukan survei yang ditujukan kepada mahasiswa biologi Unesa sebagai penggambaran tema yang akan dilakukan dalam workshop ini. Pilihan temanya terdiri dari Molecular Docking (Kesehatan) dan Sekuensing DNA (Biodiversitas). Usai survei dilakukan, hasil survei menunjukkan bahwa mahasiswa Jurusan Biologi Unesa tertarik untuk membahas Molecular Docking pada Bioinformatika Jilid I ini.

Peserta terpilih oleh karena batasan kuota tentu saja akan merasa sangat beruntung. Betapa tidak, peserta mendapatkan pengenalan serta pelatihan dasar penggunaan software dalam bidang biologi seperti Pyrx, Pymol, Ligplot atau Discovery Studio. Peserta diharapkan terampil dalam penggunaan software-software tersebut. Harapan besar kegiatan ini dapat menjadi langkah awal bagi peserta yang merupakan mahasiswa untuk mengenal software yang dapat menunjang perkuliahan serta penelitian di masa mendatang.

Kegiatan Bioinformatika Jilid I ini diselenggarakan selama 2 hari, dengan rincian di hari pertama acara dibuka oleh Ibu Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si selaku Ketua Jurusan Biologi Unesa. Kemudian dilanjutkan dengan kuliah umum yang diberikan oleh Bapak Erlix Rakhmad Purnama, S.Si., M.Si., yang merupakan dosen Jurusan Biologi Unesa dan Bapak Putut Rakhmad Purnama, M.Si. yang berasal dari Universitas Chulalongkorn, Thailand, dan tengah mengambil studi S3 dengan fokus studi pada bidang bioinformatika. Setelah pemateri menyampaikan perkuliahan umum, dibuka sesi tanya jawab singkat yang merujuk pada diskusi langsung dengan pemateri.

Sambutand an Pembukaan Acara oleh Ketua Jurusan Biologi
Materi pertama oleh Erlix Rakhmad Purnama, S.Si., M.Si.
Materi kedua oleh Putut Rakhmad Purnama, M.Si.

Setelah itu, peserta akan diarahkan untuk memasuki 3 breakoutroom yang sudah ditentukan sebelumnya. Untuk breakoutroom pertama dengan M. Ongky Muji Handoyo dari Biologi 2017, breakoutroom kedua dengan Ghea Dionita Sanora dari Biologi 2016, serta breakoutroom terakhir dengan Elly Yana Mastura dari Biologi 2016. Pada hari pertama ini, peserta akan dipandu untuk mempersiapkan apa-apa saja yang diperlukan untuk kegiatan utama molecular docking yang diselenggarakan pada hari kedua. Seperti contohnya, mempersiapkan sampel protein yang akan digunakan. Peserta dipersilakan bertanya langsung pada pemandu dan mengonsultasikan setiap kesulitan yang dialami selama workshop berlangsung.

Salah satu sesi Breakoutroom yang dipandu olehM. Ongky Muji Handoyo

Pada hari kedua acara, peserta akan dipersilakan kembali masuk ke dalam breakoutroom sesuai dengan yang ditentukan oleh sebelumnya, kemudian mendapat bimbingan langsung oleh para pemandu untuk melaksanakan kegiatan utama molecular docking. Peserta nantinya akan diminta untuk memberikan output dari molecular docking tersebut kepada panitia, sebagai syarat utama klaim sertifikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »