Kelas Unggulan FMIPA adalah pengembangan dari program studi kependidikan di FMIPA Unesa, termasuk kelas unggulan Pendidikan Biologi yang telah mulai dibentuk pada tahun 2008. Pada masa pandemic Covid-19 ini tentunya tidak boleh menghentikan untuk terbentuknya kelas Pendidikan Biologi Unggulan (PBU) ini bagi mahasiswa angkatan 2020. Sebagaimana biasanya seleksi mahasiswa PBU ini biasanya dilakukan pada akhir semester 1, tahun ini proses seleksi dilaksanakan pada hari Rabu, 20 Januari 2021. Jika sebelumnya seleksi dilaksanakan secara offline, kali ini sejumlah 90 mahasiswa menjalani seleksi secara online.

Adapun materi seleksi meliputi penilaian motivasi mahasiswa untuk masuk kelas unggulan serta kemampuan berbahasa Inggris (listening, reading, dan speaking). Seleksi wawancara ini dilakukan oleh 6 orang dosen Biologi yang mumpuni dalam Bahasa Inggris. Kegiatan seleksi diawali dengan penyampaian tata tertib seleksi oleh Koordinator Kelas Unggulan Jurusan Biologi. Selanjutnya, mahasiswa akan melakukan serangkaian kegiatan tes dengan dosen pewawancara.

Koordinator memulai kegiatan seleksi dengan menjelaskan tata tertib pada peserta
Beberapa dokumentasi kegiatan peserta melaksanakan seleksi bersama dosen pewawancara

Dari hasil seleksi 90 orang mahasiswa dengan 1 mahasiswa tidak hadir. Komponen penilaian tidak hanya ditentukan dari hasil wawancara saja, melainkan juga menggunakan mata kuliah dasar keMIPAan, Indeks Prestasi Semester, dan skor TEP sebagai pertimbangan dan dalam meranking. Berdasarkan skor penilaian dipilih 25 orang mahasiswa untuk bergabung dalam kelas PBU 2020.  

Welcome mahasiswa PBU 2020. Selamat Belajar. Semoga sukses di kelas PBU 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »