Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat dosen-dosen Jurusan Biologi FMIPA Unesa untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat (PKM). Kegiatan PKM kali ini sangat istimewa dan penuh tantangan karena dilakukan secara blended daring dan luring. Kegiatan secara luring dilakukan seminimal mungkin tentunya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Salah satu tim PKM Jurusan Biologi yang diketuai oleh Dr. Mahanani Tri Asri, M.Si. mengusung tema “Pelatihan online pembuatan hand sanitizer sebagai upaya pemenuhan perilaku hidup bersih dan sehat dalam menghadapi penyebaran paparan Covid-19”. Pengabdian kepada masyarakat kali ini bertujuan untuk mengembangkan pelatihan online pembuatan hand sanitizer yang dapat mencegah penyebaran Covid 19, yang selanjutnya akan dilatihkan pada khalayak sasaran/mitra PKM.  Melalui PKM ini, diharapkan khalayak sasaran/mitra PKM dapat membuat hand sanitizer sendiri, secara khusus untuk keperluan diri sendiri dan lebih luas untuk masyarakat sekitar.

Kegiatan pelatihan pembuatan hand sanitizer secara luring (A) dan produk yang dihasilkan (B)

Kegiatan yang dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu (1) pemberian angket untuk mengetahui pengetahuan awal khalayak sasaran (2) pengembangan paket pelatihan online yang meliputi panduan dasar pembuatan hand sanitizer pencegah penyebaran virus dan video pembuatan hand sanitizer (3) implementasi paket pelatihan on line pada khalayak sasaran/mitra PKM (4) observasi hasil pembuatan hand sanitizer pada sampel khalayak sasaran/mitra PKM setelah dilatih secara online berupa kualitas dan kenyamanan pemakai selama menggunakan hand sanitizer (5) pemberian angket respon pasca pelatihan.

Ringkasan kegiatan ini dapat disimak di https://youtu.be/TuH1wOoAjmI

Simak juga materi pelatihan di https://youtu.be/8rQWo0BWxNg

Bravo Jurusan Biologi! Tetap semangat untuk berbagi ilmu, salam sehat selalu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »