Selasa, 17 November 2020 menjadi salah satu hari keberuntungan bagi mahasiswa Sistematika Tumbuhan dimana mereka melakukan kunjungan ke Herbarium Bogoriense (BO). Suatu hal yang bisa dibilang mustahil terjadi dalam kondisi normal mengingat jauhnya jarak tempuh Surabaya-Bogor.

Meskipun kunjungan dilakukan secara virtual, mahasiswa memperoleh kesempatan untuk menambah wawasan lengkap mengenai Herbarium Bogoriense sebagai sebuah kelembagaan, informasi teknis maupun pengalaman pakar mengenai seluk beluk pembuatan herbarium, mulai dari eksplorasi, pembuatan hingga manajemen pengelolaan herbarium.

Cuplikan materi kunjungan virtual Herbarium Bogoriense
Koleksi herbarium tertua koleksi Herbarium Bogoriense (1812)

Terima kasih kepada LIPI yang telah memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk melakukan kunjungan virtual. Terima kasih pula kepada ibu Dra. Florentina Indah Windadri atas kesediaan berbagi ilmu dan pengalaman.

Ibu Dra. Florentina Indah Windadri sebagai narasumber telah berhasil memikat perhatian lebih dari 80 partisipan selama kunjungan virtual yang berlangsung hingga tak terasa 4 jam berlalu dengan sangat cepat. Mahasiswa pun dengan sangat antusias mengajukan pertanyaan untuk memuaskan hasrat ingin tahu yang mereka miliki di sesi diskusi dan tanya jawab.

Lalu, kata siapa mahasiswa Jurusan Biologi mati gaya karena pandemi? Kata siapa pula mahasiswa Jurusan Biologi tidak bisa melakukan kegiatan praktikum saat pandemi? Berbagai kegiatan modifikasi praktikum yang relevan masih bisa dilakukan. Bahkan pandemi pun dapat memberikan berkah tersendiri bagi mahasiswa Jurusan Biologi, khususnya mahasiswa Sistematika Tumbuhan dengan melakukan kunjungan virtual Herbarum BO.

Arek Bio.. Semangat belajar dan berkarya walau masa pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »