Semangat Jurusan Biologi untuk terus berkarya tak akan padam, bahkan di tengah terpaan masa pandemi Covid-19. Jika pertemuan tatap muka tidak dapat diselenggarakan demi kemaslahatan bersama, berbagai kegiatan akademis pun diselenggarakan secara online.

Bapak/Ibu dosen Jurusan Biologi tetap berkarya, baik di lingkup internal Unesa maupun di lingkup yang lebih luas melibatkan kerjasama dengan pihak lain. Berbagai kegiatan online pun terselenggara dengan melibatkan Bapak/Ibu dosen Jurusan Biologi, baik sebagai narasumber, reviewer, maupun trainer. Kegiatan yang terselenggara punmemiliki beberapa variasi bentuk, diantaranya adalah diskusi pendidikan online atau webinar, sarasehan, dan pelatihan.

Berikut ini beberapa kegiatan yang menunjukkan semangat berkarya bapak/ibu dosen Jurusan Biologi bahkan di tengah masa pandemi:

A. Internal Unesa

  1. Webinar: Pembelajaran Daring yang Menyenangkan Guru, Siswa dan Orang Tua
  2. Webinar nasional: Kompleksitas Pembelajaran Biologi dan Inovasi Selama Masa Pandemi Covid-19
  3. Sarasehan perlindungan anak (Literasi Berimbang Dalam Pembelajaran Seri IV): Menulis Bersama dan Menulis Terpadu
  4. Webinar Bedah Buku: Membumikan Pengawasan Pemilu

B. Kerjasama dengan pihak lain

  1. Webinar: Kreativitas dan Efektivitas Media Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 (Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama Kota Surabaya).
  2. Pemateri pada kegiatan Training of Trainer Reviewer Buku Ajar Internal Secara Daring (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
  3. Reviewer Rekonstruksi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (FKIP Universitas Sebalas Maret)
  4. Webinar: Dinamika Pemanfaatan Multiaplikasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi (HPPBI)
  5. Webinar: Desain Pembelajaran Sains Abad 21 (UIN Ar-raniry)
  6. Webinar Nasional Pendalaman Biologi Seri 3 (kerja sama Departemen Biologi IPB, MGMP Provinsi DKI Jakarta, dan instansi lainnya)

Daftar kegiatan online yang telah terlaksana tersebut di atas niscaya akan terus bertambah panjang mengingat semangat berkarya yang terus menyala. Teriring doa dan harapan agar masa pandemi Covid-19 ini segera berlalu. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate ยป