Geliat Jurusan Biologi di Pekan Ilmiah

Minggu ke-10 Semester Gasal 2019/2020 merupakan minggu istimewa dimana seluruh civitas akademika menjalani pekan ilmiah. Selama kurun waktu ini, kegiatan perkuliahan digantikan dengan kegiatan ilmiah lainnya. Meski pertama kali dilaksanakan, warga Jurusan Biologi nampak bersemangat menjalani pekan ilmiah ini.

Pekan ilmiah dimulai dengan kegiatan workshop penulisan artikel ilmiah oleh Prof Agus dan Penjelasan Gaya Selingkung JRBA oleh tim editor JRBA. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh dosen biologi dan peserta dari luar yaitu Akademi Farmasi Surabaya, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Institut Agama Islam Negeri Jember, Universitas Trunojoyo Madura, Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi – LIPI, Universitas Airlangga, Universitas Muhhamadiyah Sidoarjo, Gresik, Uinsa Surabaya.

Tak ketinggalan  pula mahasiswa baru angkatan 2019 meramaikan pekan ilmiah dengan kegiatan bertajuk “Maba Bio 2019 Menulis”. Kegiatan wajib mereka ikuti sepanjang pekan ilmiah dengan luaran akhir proposal PKM 5 bidang untuk disubmit tahun 2020. Turut hadir sebagai “coach”, yaitu kakak-kakak tingkat mereka yang telah menorehkan prestasi di kancah PKM 5 bidang. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian mahasiswa peraih prestasi PKM 5 bidang sekaligus pendongkrak semangat mahasiswa baru untuk menjadi penerus pejuang PKM. Harapannya, Jurusan Biologi kembali menorehkan prestasi dengan banyak PKM yang lolos hingga tingkat nasional dan menyabet gelar juara. Mahasiswa angkatan 2016, 2017 dan 2018 juga berpartisipasi dalam kegiatan workshop bertajuk”Bekal Menulis Generasi Milenial” dengan berbagai tema penting dan menarik, yaitu: penulisan artikel ilmiah yang baik, teknik penelusuran pustaka ilmiah, pengorganisasian pustaka ilmiah menggunakan Mendeley, teknik membaca dan menulis artikel ilmiah dalam Bahasa Inggris, serta membuat akun di Google Scholar.
Tak hanya itu saja, posko PKM di Lab Taksonomi yang biasanya hanya buka di hari Jumat, ramai dihadiri oleh pejuang-pejuang PKM selama pekan ilmiah. Fasilitas yang disediakan dalam posko PKM ini adalah pendampingan, printer dan kertas, juga tak ketinggalan konsumsi untuk memeriahkan perjuangan mereka dalam berkarya.

Leave a Comment