Open Lesson dan Monitoring Evaluasi Pembelajaran: Bersama Membangun Suasana Pembelajaran yang Lebih Baik

Salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan di Jurusan Biologi di tiap tahun ajaran adalah open lesson dan monitoring evaluasi pembelajaran. Open Lesson dikemas dalam suatu pembelajaran berbasis lesson study yang memiliki tahapan plan-do-see, sedangkan monev pembelajaran mengarahkan pembelajaran agar selalu berjalan sesuai dengan standar operasional yang telah ditetapkan dalam prosedur mutu.

Kali ini yang berkesempatan untuk melaksanakan dua kegiatan positif ini adalah Dra. Evie Ratnasari, M.Si. mewakili Prodi Biologi dengan matakuliah bioteknologi dan Dra. Herlina Fitrihidajati, M.Si. mewakili Prodi Pendidikan Biologi dengan matakuliah pengelolaan limbah. Kedua srikandi Jurusan Biologi ini memiliki banyak kesan positif terhadap kegiatan rutin ini.

Kegiatan pembelajaran menjadi suatu hasil kolaborasi bersama dari banyak pihak, tidak hanya dosen model atau bahkan tidak hanya hasil diskusi dari tim dosen pengampu. Mulai dari kegiatan perencanaan, observer memberikan banyak masukan terhadap berbagai aspek pembelajaran: lesson plan, LKM, hingga evaluasi pembelajaran. Masukan-masukan tersebut kemudian diakomodir untuk menyusun kerangka perencanaan pembelajaran untuk kemudian diamati bersama untuk implementasinya. Begitu pula pelaksanaan monev pembelajaran membantu memastikan kelengkapan administrasi sesuai dengan prosedur mutu.

Saat pelaksanaan pembelajaran pun, dosen model dibantu oleh para observer untuk mengamat jalannya proses pembelajaran, mengenai keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan lesson plan hingga aktivitas mahasiswa. Tak lupa di akhir pembelajaran, dilakukan sharing antara dosen model dan observer. Tidak hanya dosen model yang mendapat banyak sumbangsih positif, observer pun juga banyak mendapat pengetahuan baru mulai dari kelebihan yang dimiliki dosen model dalam hal pengelolaan kelas, manajemen waktu, mengaktifkan mahasiswa, dan lain sebagainya.

Akhirnya, kedua kegiatan positif ini dapat menjadi ajang saling memberikan masukan antara dosen model dan observer untuk mengarahkan pembelajaran ke arah yang lebih baik serta menantang tiap pribadi untuk optimalisasi pembelajaran, mulai perencanaan hingga evaluasi.

Leave a Comment