Kuliah umum bersama Boon Chuan Loo

Mahasiswa Jurusan Biologi sangat bersemangat mengikuti kuliah umum bersama Boon Chuan Loo. Hal ini nampak dari auditorium Slamet Dajono pada hari Jumat siang, tanggal 27 September 2019, dipenuhi oleh mahasiswa yang bersemangat menantikan berlangsungnya perkuliahan yang disampaikan oleh salah satu keynote speaker MISEIC tahun ini. Bahkan, ada juga mahasiswa terlihat meninggalkan auditorium karena kursinya telah penuh.

Semangat mereka untuk mengikuti kuliah tamu ini nampaknya terbayar lunas dengan penyajian materi kuliah yang tidak hanya sangat menarik seputar topik terkini tetapi juga gaya penyampaian yang sangat ramah dan interaktif dari pembicaranya. Materi kuliah bertajuk “From genes to mechanobiology …. the science within an evolving machine” dimulai tepat pukul 13.30 sesuai rencana dan berlangsung dengan lancar.

Ketertarikan terlihat jelas terpancar dari wajah audience selama mengikuti perkuliahan ini. Kuliah tamu diawali dengan pemberian issue yang menarik apersepsi dan motivasi audience tentang pentingnya materi yang akan disampaikan. Selanjutnya, materi dibagi ke dalam empat bagian untuk memperjelas topik, yaitu: 1) The march to DNA discovery, a snapshoot; 2) Genome dynamics and the “alien” DNA in us!; 3) Genome editing; dan 4) From molecular genetics to emergent field of mechanobiology. Di akhir perkuliahan, beberapa mahasiswa mengajukan pertanyaan terkait materi yang disampaikan.

Sebagaimana layaknya kuliah tamu yang lain, kali ini mahasiswa mendapat kesempatan untuk mendapatkan materi langsung dari ahli di luar perkuliahan biasanya. Kegiatan seperti ini memberikan nuansa positif bagi pembelajaran mahasiswa.

Terima kasih disampaikan sekali lagi kepada Boon Chuan Loo yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu dengan mahasiswa.

Leave a Comment