Dialog Terbuka 2019: Salurkan Aspirasimu, Menyongsong Biologi Baru

Dialog terbuka civitas akademika Jurusan Biologi tahun 2019 telah terselenggara pada hari Jumat, 13 September 2019 yang lalu di Auditorium Slamet Dajono. Acara ini merupakan wujud nyata komitmen Jurusan Biologi untuk mengusung nilai keterbukaan, baik antara perangkat jurusan dengan mahasiswa ataupun antara dosen dengan mahasiswa. Kali ini dialog terbuka mengangkat tema “Salurkan aspirasimu, menyongsong Biologi baru”. Tema ini menunjukkan semangat bersama untuk memajukan Jurusan Biologi tercinta.

Turut hadir Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si. selaku Ketua Jurusan Biologi, Dr. Nur Ducha, M.Si. selaku Sekretaris Jurusan Biologi, Guntur Trimulyono, S.Si. M.Sc. selaku pembina kemahasiswaan serta bapak/ibu dosen Jurusan Biologi (gambar 1 dan gambar 2). Acara yang dipandu oleh Alan Verangga dan Imrotun ini berjalan dengan lancar (gambar 3). Penyampaian hasil pengisian angket mahasiswa terkait kegiatan akademik dan sarana-prasarana memulai kegiatan diskusi yang dilanjutkan dengan tanggapan dari perangkat Jurusan Biologi dan tanya jawab.

Gambar 1.

Gambar 2.

Gambar 3.

Pada kesempatan kali ini, ibu kajur memberikan tanggapan terkait kurangnya jumlah tempat sampah menurut mahasiswa. Menurut beliau, yang kurang bukan tempat sampah tetapi tindakan nyata mahasiswa untuk senantiasa menjaga kebersihan. Jurusan memberikan respon positif dengan menambah rencana menambah jumlah tempat sampah tetapi juga meminta komitme mahasiswa untuk selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah di tempatnya. Jurusan mendorong adanya gebrakan meminimalisir jumlah sampah plastik dengan adanya pengajuan proposal kegiatan mahasiswa sehingga kegiatan menjadi lebih terukur dan terarah.

Ibu Dra. Evie Ratnasari, M.Si. selaku perwakilan tim Ecocampus fakultas menyampaikan bahwa untuk meminimalisir gerakan zero waste, khususnya sampah plastik di FMIPA, mahasiswa diwajibkan membawa tumbler untuk isi ulang air minum. Untuk itu, tim akan menyediakan 1 disepenser dengan 2 galon. Mahasiswa dapat mengisi ulang tumblernya hanya dengan membayar Rp. 1000 per botol. Harapannya, gerakan ini akan menginisiasi mahasiswa untuk mencintai lingkungan dengan meminimalisir penggunaan sampah plastik.

Mari saling bersinergi dalam memajukan Jurusan Biologi, saling bekerja sama mencari solusi terbaik untuk memecahkan berbagai permasalahan yang terjadi di Jurusan Biologi.

Leave a Comment