Tim PKM Mahasiswa Jurusan Biologi Unesa Lolos Pimnas

Kebanggan terpancar dari wajah-wajah Ghea Dionita Sanora (Biologi 2016),  Elly Yana Mastura (Biologi 2016),  Muhammad Ongky Muji Handoyo (Pendidikan Biologi A 2017) saat Proposal Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta (PKM-PE) yang mereka ajukan dinyatakan berhasil lolos ke Pimnas. Tim yang dibimbing oleh Bapak Erlix Rahmad Purnama, S.Si., M.Si. ini mengusung judul Biokomputasi Aktivitas Evodiamine dari Ekstrak Daun Zodia (Evodia suaveolens) sebagai Antikanker.

Awal mula ide penelitian ini muncul dari tugas praktikum mata kuliah kultur jaringan kelas Biologi 2016 yang mengharuskan inokulasi eksplan daun yang memiliki khasiat. Karena dinilai belum familiar, tanaman zodia (Evodia suaveolens) dipilih karena memiliki beberapa manfaat. Setelah mengkaji lebih lanjut mengenai khasiat daun zodia, ternyata terdapat potensi kandungan senyawa antikanker. Penelitian kemudian diarahkan ke biokomputasi molekuler dengan menguji khasiat senyawa yang terkandung dalam daun zodia sebagai antikanker secara in silico.

Dalam penelitian ini, tim PKM mendesain obat antikanker payudara, antikanker kolorektal, dan antikanker paru-paru dari ekstrak daun zodia melalui pengujian in silico yang selanjutnya dapat dijadikan sebagai referensi bahan herbal pembuatan obat antikanker dengan protein reseptor tertarget yang diaplikasikan dalam dunia industri pengobatan (farmasi).

Beberapa tips lolos PKM dari tim ini yaitu menggali ide penelitian dengan memperhatikan kebermanfaatan, inovatif dan menggali potensi kearifan lokal yang memiliki manfaat besar bagi masyarakat. Selain itu, memperbanyak konsultasi dengan dosen pembimbing, menjaga kekompakan tim, dan mentaati aturan dalam segala aspek PKM juga perlu diperhatikan dengan cermat.

Dengan semangat menggebu-gebu, tim PKM ini memberikan pesan kepada peserta PKM selanjutnya: Untuk mahasiswa Biologi yang sedang berjuang dalam PKM 2020, semangat berinovasi, selalu berdoa untuk yang terbaik dan selalu ikhlas dalam bekerja merupakan kunci keberhasilan. Mari berjuang untuk membanggakan Jurusan Biologi!

Selamat dan sukses kepada tim PKM-PE Jurusan Biologi. Semangat berjuang dalam Pimnas. Semoga pulang membawa medali.

Dokumentasi saat tim PKM melakukan pengambilan data

Tim PKM bersama dosen pembimbingnya

Leave a Comment