Kuliah Umum untuk Maba 2018

Pada hari Jumat, 24 Agustus 2018, telah dilaksanakan kuliah umum untuk mahasiswa baru angkatan 2018. Dua narasumber, yaitu Dr. Agus Muji Santoso, M.Si. dan Dr. Dewi Hidayati, M.Si, membawakan materi secara berturut-turut untuk mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Biologi dan Program Studi Biologi.

Dosen yang lahir pada 13 Agustus 1986 ini merupakan seorang tenaga pengajar di Universitas Nusantara PGRI Kediri di bidang minat riset biokimia, biologi molekuler dan PTS, Lesson Study untuk pengajarannya. Lulusan S-3 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang ini membawakan materi yang berjudul: How do teachers learn from classes? Di bawah sebuah tema besar, yaitu Keterampilan Abad 21. Narasumber ini memotivasi mahasiswa baru Program Studi S-1 Pendidikan Biologi dengan mengatakan bahwa mereka adalah orang yang terpilih yang akan menjadi calon pendidik profesional. Menurut beliau, guru memiliki tantangan untuk menggunakan teknologi dan mengemasnya dalam pembelajaran untuk membekali siswa keterampilan Abad 21. Beliau memberi penekanan bahwa untuk pembelajaran yang baik, diperlukan adanya collaborative learning, bukan collective learning.

Dr. Dewi Hidayati, M.Si. membawakan materi mengenai Histologi Hewan dan aplikasinya. Konsep-konsep dasar mengenai histologi hewan disampaikan dengan apik dan menarik sehingga mahasiswa sangat antusias mengikutinya. Riset yang telah beliau lakukan diberikan sebagai salah satu contoh aplikasi dari histologi hewan.

Semoga dengan kuliah umum ini, mahasiswa baru memiliki wawasan yang terbuka dan semangat yang lebih lagi untuk mengikuti perkuliahan di Jurusan Biologi.

Leave a Comment