Persiapan Masuk Dunia Kerja Untuk Mahasiswa Angkatan 2014

Selasa, 24 Juli 2018, Jurusan Biologi menyelenggarakan forum diskusi dengan peserta seluruh mahasiswa angkatan 2014. Turut hadir sebagai narasumber adalah Drs. Hadi Purwanto, M.M. selaku Kepala Sekolah SMA Sejahtera Surabaya dan Fauziah, S. Pd., M.Sc. selaku Staf Peneliti Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi-LIPI.

Narasumber pertama menegaskan bahwa bertambahnya jumlah lulusan dari jurusan pendidikan tidak didukung dengan kuota lembaga pendidikan yang dapat menampung tenaga pendidik. Tips memasuki dunia kerja yaitu memantapkan keahlian dan kemampuan diri, menemukan karakter kerja dan karakter diri, mengamati lingkungan kerja, mempersiapkan mental diri, memiliki kemauan terus belajar, dan mencintai pekerjaan. Tips pribadi dari narasumber ketika memasuki dunia kerja, pertama dengan membuat rencana kegiatan. Kelemahan guru saat ini dapat ditunjukkan pada rasa malasnya dalam membuat RPP (Rencana Pembelajaran). Tips kedua dengan membuat inovasi dalam menggagas ide dan kegiatan.

Selain memberikan wawasan mengenai pekerjaan apa saja yang dapat diperoleh sarjana lulusan Biologi, narasumber kedua menyampaikan bahwa terdapat tiga kompetensi dasar dalam bekerja, yaitu knowledge, skill, and attitude. Tips dalam bekerja yaitu keterampilan komunikasi, kepemimpinan, kemampuan bekerja dalam tim, kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan, teknik berpikir kreatif dan inovatif, sikap mental positif, keterampilan mengelola waktu dan kemampuan negosiasi.

Forum ini menandakan harapan besar dari Jurusan Biologi agar mahasiswa yang telah atau segera menjadi fresh graduate ini mendapatkan bekal penuh untuk mendapatkan pekerjaan, mengamalkan ilmu yang telah diperoleh.

Leave a Comment