FGD: bertukar pikiran dengan Husam Al-Najar, Ph.D.

Selasa, 24 Juli 2018, Jurusan Biologi menyelenggarakan forum diskusi dengan narasumber istimewa, yaitu Husam Al-Najar, Ph.D. dari The Islamic University of Gaza. Berlatar belakang ilmu ekologi, beliau memaparkan suasana pembelajaran di Gaza yang tidaklah mudah dan perlunya teknologi untuk perolehan air bersih. Gaza yang letaknya berbatasan langsung dengan laut harus mampu mengolah air laut menjadi air siap konsumsi. Beliau memaparkan penelitiannya untuk pengolahan air bersih dengan memanfaatkan bakteri tertentu.

Diskusi berjalan dengan sangat interaktif antara Husam dan dosen-dosen dari Jurusan Biologi, terutama dengan dosen dari rumpun ekologi. Contoh-contoh penelitian mahasiswa Jurusan Biologi terkait fitoremediasi menggunakan tanaman menjadi salah satu topik yang menyita perhatian Husam. Meskipun demikian, perlu dipikirkan terkait dengan budidaya tanaman tersebut di Gaza karena iklimnya yang kering dan keterbatasan air yang sangat minim.

Diskusi tidak hanya berhenti pada forum ini tetapi ditindaklanjuti dengan saling bertukar alamat email antar peserta FGD dengan Husam untuk membahas kemungkinan kerjasama yang terjalin.

Leave a Comment